Prosedur Amdal.[wandylee.wordpress.com ]

Banda Aceh,BN-Masa berlaku izin Amdal [Analisis mengenai dampak lingkungan] ternyata tidak sama dengan izin lainnya. Contohnya saja pada perusahaan perkebunan besar, meski izin HGU nya habis, namun tidak otomatis izin Amdalnya juga habis.

"Meski HGU nya habis, Amdalnya tetap berlaku, tak ada batasnya." ujar Kepala Bapedal Aceh, Husaini syamaun, menjawab pertanyaan bongkarnews.com, usai menjadi pemateri di gedung PWI Aceh, kamis [31/1].

Katanya, untuk menjaga agar lingkungan di Aceh tidak rusak, pihak pemerintah telah menginstruksikan agar pengeluaran izin Amdal di perketat. bagi yang terlanjur di keluarkan akan di pantau seketat mungkin."Selama ini kita terus memantau dan memperketat izin baru," terangnya.

Pendapat lebih tegas di sampaikan oleh Direktur Walhi Aceh, TM.Zulfikar, menurutnya pemerintah dapat bertindak lebih tegas dan tak perlu goyah serta takut dalam bertindak, karena payung hukum untuk itu sudah tersedia dan jelas."Dalam UU Nomor 32 tahun 2009 di sebutkan bahwa bagi pemegang izin Amdal yang melanggar dan merusak lingkungan sekitarnya,izin mereka dapat di cabut. Jadi Amdal itu tak berlaku abadi," tegasnya melalui telpon saat ditanyakan perihal itu oleh bongkarnews.com, [1/2]. [TM]